Profil

Foto saya
Pangkep, Sul-Sel, Indonesia
"Kepada siapa lagi tugas guru akan diberikan, kalau sang guru sendiri sudah merasa TUA,SAKIT,TIDAK BISA,dan LOYO?"...

Kamis, 09 Desember 2010

Tugas/Tagihan Anggota KKG setiap sesi Pertemuan

Disetiap pertemuan KKG anda akan menulis tugas sebagai latihan di temapat ugas dan di rumah selanjunya dibawa ke petemuan berikutnya untuk dibahas. Apa saj tugas KKG Bermutu tersebut?

Pertemuan  I 

PENDAHULUAN


PENILAIAN PRODUK Pertemuan I
Penilaian  terhadap pencapaian hasil belajar guru peserta dilakukan berdasarkan produk yang dihasilkan dari belajar tatap muka di KKG dan laporan tugas terstruktur. Produk yang dapat dinilai adalah:

Case study tentang kajian pembelajaran berdasarkan pengalaman mengajar di kelas masing-masing, serta pemahaman konsep dan prinsip PTK, Lesson study, dan Case study yang dituangkan dalam Buku Kerja Guru (Jurnal)

Tagihan/Tugas Pertemuan Berikutnya:
Tugas Peserta
Terstruktur
Mandiri
o Mengobservasi pembelajaran di sekolah/di kelasnya sendiri
o Menggunakan lembar observasi
o Menyusun Case Study
o Mempelajari “konsep dan prinsip Lesson Study dan Case Study
o Mempelajari sumber belajar tentang PTK

Pertemuan II

IDENTIFIKASI MASALAH

PENILAIAN PRODUK Pertemuan II
Penilaian  terhadap pencapaian hasil belajar guru peserta dilakukan berdasarkan produk yang dihasilkan dari belajar tatap muka di KKG dan laporan tugas terstruktur. Hasil belajar yang ditagih/dinilai adalah:

1.   Daftar masalah yang ditemukan pembelajaran.
2.   Pemilihan masalah pembelajaran yang akan diangkat sebagai PTK dan telah dirumusan menjadi kalimat rumusan masalah.
3.   Hasil analisis kritik artikel ilmiah (Kajian Kritis) di akhir KKG pert 1-16, minimal 3 kajian kritis
4.   Buku Kerja Guru (Jurnal Belajar)

Tagihan/Tugas:
Tugas Peserta
Terstruktur
Mandiri
Melanjutkan perumusan kalimat rumusan masalah sesuai dengan masalah yang dipilih masing-masing berdasarkan Case study atau observasi pembelajaran sebagai Tagihan yang akan disetor pada panitia
o  Mempelajari ”indentifikasi dan analisis masalah dalam PTK” dari buku sumber
o  Memikirkan rencana tindakan untuk penyelesaian masalahnya.

Pertemuan III

PERENCANAAN TINDAKAN


PENILAIAN PRODUK Pertemuan III
Penilaian  terhadap pencapaian hasil belajar guru peserta dilakukan berdasarkan produk yang dihasilkan dari belajar tatap muka di KKG dan laporan tugas terstruktur. Hasil belajar yang ditagih/dinilai berupa Rencana Tindakan PTK yang berupa:

1.   Skenario pembelajaran yang mencerminkan rencana tindakan.
2.   Perangkat pembelajaran lain yang menyertai seperti: LKS, Instrumen Evaluasi, Rancangan Media pembelajaran.
3.   Instrumen untuk pengambilan data penelitian.
4.   Buku Kerja Guru (Jurnal Belajar)

Tagihan/Tugas:
Tugas Peserta
Terstruktur
Mandiri
Melanjutkan penyusunan rencana tindakan dan instrumen dari masing-masing guru:
1.    Menyempurnakan skenario dan perangkat pembelajaran.
2.    Menyusun instrumen untuk pengambilan data.
3.    Mempersiapkan pelaksanaan tindakan di kelasnya.
-Mempelajari ”penyusunan rencana tindakan” dari buku sumber
-Membaca buku-buku yang dirujuk dalam Daftar Sumber Belajar dan Daftar Pustaka.

 

                                           Pertemuan IV

PELAAKSANAAN TINDAKAN


PENILAIAN PRODUK Pertemuan IV
Penilaian terhadap pencapaian hasil belajar guru dilakukan berdasarkan produk yang dihasilkan dari belajar tatap muka di KKG dan laporan tugas terstruktur. Hasil belajar yang ditagih/dinilai berupa Rencana Tindakan PTK yang berupa hasil pelaksanaan tindakan yang berupa:
1.   Lembar observasi pembelajaran yang telah diisi berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran sebagai pelaksanaan tindakan (bisa dalam bentuk open class).
2.   Data lain yang dihasilkan dari pelaksanaan tindakan.
3.   Case study berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan (pembelajaran di kelas).
4.   Catatan hasil diskusi refleksi setelah “open class” (jika pelaksanaan tindakan dilakukan dalam bentuk open class)
5.   Buku Kerja Guru (Jurnal Belajar)

Tagihan/Tugas:
Tugas Peserta
Terstruktur
Mandiri
oMelaksanakan pelaksanaan tindakan di sekolah masing-masing (disarankan berpasangan dengan peserta yang lain, agar dapat saling mengobservasi, atau meminta observer dari teman di sekolahnya).
oMenyusun Case Study
oKompilasi data
Mempelajari tentang ”pelaksanaan tindakan dalam PTK” dari buku sumber.


Pertemuan V

ANALISIS DAN INTERPRETASI


PENILAIAN PRODUK Pertemuan V:
Penilaian terhadap pencapaian hasil belajar guru peserta dilakukan berdasarkan produk yang dihasilkan dari belajar tatap muka di KKG dan laporan tugas terstruktur. Hasil belajar yang ditagih/dinilai berupa:
1.   Hasil analisis data yang diperoleh dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran di kelas masing-masing.
2.   Uraian hasil interpretasi data.
3.   Buku Kerja Guru (Jurnal Belajar)

Tagihan/Tugas:
Setiap peserta berlatih melakukan analisis dan interpretasi data (berdasarkan data hasil pelaksanaan tindakan masing-masing di kelas)

Tugas Peserta
Terstruktur
Mandiri
oMelanjutkan analisis data dan interpretasi
oMenuliskan hasil analisis dan interpretasi data
Mempelajari tentang ”analisis dan interpretasi data” dari buku sumber.


Pertemuan VI

REFLEKSI  DAN TINDAK LANJUT

PENILAIAN PRODUK Pertemuan VI
Penilaian terhadap pencapaian hasil belajar guru peserta dilakukan berdasarkan produk yang dihasilkan dari belajar tatap muka di KKG dan laporan tugas terstruktur. Hasil belajar yang ditagih/dinilai berupa:
1.   Uraian hasil refleksi berdasarkan hasil analisis data.
2.   Uraian rencana tindak lanjut berdasarkan hasil refleksi.
3.   Buku Kerja Guru (Jurnal Belajar)

Tagihan/Tugas:
Tugas Peserta
Terstruktur
Mandiri
Melanjutkan menuliskan hasil refleksi dan penyusunan rencana tindak lanjut dari data masing-masing.
Mempelajari tentang ”refleksi dan tindak lanjut” dari buku sumber.


selesai, kumpul pada folder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar