Profil

Foto saya
Pangkep, Sul-Sel, Indonesia
"Kepada siapa lagi tugas guru akan diberikan, kalau sang guru sendiri sudah merasa TUA,SAKIT,TIDAK BISA,dan LOYO?"...

Kamis, 11 November 2010

DCT Jafar "Modul Pertemuan 1 KKG Bermutu 2010"

IDENTIFIKASI MASALAH

Oleh: Muhammad Jafar

DCT KKG Setia Budi Kec.Bungoro Pangkep

A. MEMBAHAS OBSERVASI DARI LEMBAR OBSERVASI atau CASE STUDY

Observasi dalam case study dibutuhkan sebagai instrumen dalam rangka keperluan menyusun kemapuan guru mengidentifikasi masalah untuk PTK, menganalisis masalah untuk PTK, dan kemampuan penyusunan kalimat rumusan masalah baik pada masa latihan dalam KKG maupun di luar KKG dalam rangka pengembangan kemampuan profesioanl guru, utamanya dalam hal menulis Penelitian Tindakan kelas masing-masing.

Sebagai langkah awal dalam menyusun PTK tentunya guru memliki persoalan dalam pembelajaran yang ditulis dalam bentuk Case Study, seperti telah dijelaskan pada pertemuan in-service. Instrumen lain adalah guru mengadakan partner (kolaborasi) dengan teman sejawat dalam pembelajaran. Salah satu Instrumen tersebut adalah Lembar observasi, dengan maksud untuk mendapatkan gambar permasalah yang terjadi selama pembelajaran berlangsung dari sudut pandang orang lain (pengamat). Yang menjadi catatan bahwa tolok ukur dari lembar observasi adalah:

1. Berfokus pada aspek mengajar yang mempengaruhi proses belajar siswa;

2. Dapat mengidentifikasi hasil (outcome) pelajaran pada siswa yang berbeda di dalam kelas;

3. Dapat memberikan umpan balik yang berdasarkan pada bukti nyata kepada guru tentang bagian-bagian pengajaran yang berhasil/sukses dan kurang berhasil/kurang sukses,

4. Dilaksanakan tanpa mengganggu proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar