Profil

Foto saya
Pangkep, Sul-Sel, Indonesia
"Kepada siapa lagi tugas guru akan diberikan, kalau sang guru sendiri sudah merasa TUA,SAKIT,TIDAK BISA,dan LOYO?"...

Jumat, 17 Desember 2010

Yang IPA ada juga...neh...

Permasalahan yang diidentifikasi oleh guru peserta dapat berada dalam lingkup konteks pengembangan kurikulum, penguatan materi, dan pelaksanaan pembelajaran. Lingkup pengembangan kurikulum antara lain meliputi pemahaman tujuan mata pelajaran IPA, kemampuan menganalisis standar kompetensi dan kompetensi dasar, pengembangan silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penguatan materi antara lain meliputi pemahaman dan penguasaan materi IPA. Sedangkan, pelaksanaan pembelajaran antara lain pemilihan pendekatan, metode, strategi pembelajaran, media pembelajaran, pengelolaan kelas, serta penilaian proses dan hasil belajar.
Proses belajar yang kurang bermutu akan menyebabkan hasil belajar yang rendah. Berkaitan dengan proses belajar, hal-hal yang selama ini banyak menjadi masalah dalam pembelajaran IPA di SD kelas tinggi antara lain rendahnya motivasi, minat, kreativitas belajar, dan kemampuan bernalar. Rendahnya motivasi dan minat belajar siswa biasanya disebabkan antara lain karena ketiadaan sarana atau media belajar yang mendukung. Hal ini menyebabkan konsep-konsep IPA yang seharusnya ditemukan dan dipahami oleh siswa melalui pengamatan fenomena dan fakta-fakta di lingkungan kurang dapat dikonkretkan atau divisualisa-sikan oleh guru. Hal tersebut juga dapat disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru peserta memanfaatkan peralatan atau media pembelajaran IPA yang ada di sekolah maupun sumber belajar yang ada di sekitar sekolah. Selain hal tersebut juga muncul karena pendekatan, metode, dan strategi yang digunakan oleh guru IPA kurang variatif.
Untuk memperbaiki kinerja atau untuk meningkatkan mutu pembelajaran IPA, PTK adalah salah satu pemecahan masalah yang dapat dilakukan guru peserta.
Nah....ada juga rujukan masalah tuk IPA, simaklah


asalah yang terkait dengan penguatan Materi IPA
1. Kesulitan guru dalam menjelaskan pemantulan pada cermin datar, cekung, dan cembung
2. Kesulitan guru dalam menjelaskan jenis-jenis tanah dan batuan
3. Kesulitan guru dalam menjelaskan proses gerhana matahari dan gerhana bulan
4. Kesulitan guru dalam menjelaskan rangkaian listrik: seri dan paralel
5. Kesulitan guru dalam menjelaskan penghantaran panas melalui radiasi, konduksi, dan konveksi
6. Kesulitan guru dalam menanamkan konsep tata surya

Contoh masalah yang terkait dengan Pelaksanaan Pembelajaran
1. Penggunaan strategi/model pembelajaran :
a. Ketidaksiapan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran IPA SD dengan pendekatan kontekstual.
b. Kesulitan guru dalam menentukan model pembelajaran IPA yang cocok dengan materi yang akan diajarkan.
c. kesulitan siswa dalam membangun/menemukan konsep sendiri


Contoh masalah yang terkait dengan Bahan Ajar:
a. Kesulitan guru dalam mengembangkan bahan ajar (LKS) untuk pembelajaran IPA yang mengambangkan keterampilan proses IPA
b. Kesulitan siswa dalam memahami konsep;
• Pemantulan pada cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.
• Rangkaian listrik: seri dan parallel.
• Tata surya.

Masalah yang terkait dengan Pengelolaan Kelas:
a. Jumlah siswa yang terlalu banyak, melebihi kapasitas maksimum kelas.
b. Tidak beraninya siswa mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat.
c. Kurang tanggungjawab siswa dalam mengerjakan tugas.
d. Rendahnya motivasi siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar